Search site


LIVE STREAMING NBC



History

HISTORY ENBIZI

12/11/2012 08:20

Nbc Radio berawal dari sekumpulan Anak Muda Makassar dan Bantaeng yang menyenangi dunia musik, dimulai dari Band bernama Nbc Band pada tahun 2003 yang dimotori oleh Tony, Cimot, Aldo, taufan, dan Ardi. Seiring berjalannya waktu, Nbc Band mampu bersatu dalam dunia musik dan bertekad kuat mengenalkan musik tanpa Narkoba dan pergaulan bebas, hal ini dijadikan satu patokan karena kami semua mengetahui pergaulan anak band waktu itu identik dengan namanya narkoba dan pergaulan bebas, sehingga pada tahun yang sama Nbc Band membentuk Nbc Crew ber sekretariat dengan nama Base Camp Nbc yang berlokasi di Jl. Bolu Kel. Letta (Sekretariat 1 : Rumah Cimot, Sekretariat 2 : Rumah Aldo) dengan ± 20 Crew berstatus Anak Muda/Pelajar yang memiliki hobi yang sama yakni hobi musik dan mencanangkan Nbc Crew adalah perkumpulan anak muda yang anti narkoba dan pergaulan bebas.

Pada tahun 2004, anggota Nbc pun bertambah dengan latar belakang mantan penyiar dari berbagai radio di Bantaeng dan Makassar. Dari crew yang baru ini, mereka mulai berpikir hanya bermodalkan bermain band dan berkumpul di secretariat tidak akan efektif untuk menggalakkan anak muda anti narkoba dan pergaulan bebas, Sejak saat itu timbul pikiran untuk membangun radio station berbasis Kreativitas anak muda Bantaeng tanpa narkoba dan pergaulan bebas sebagai komitmen pendirian radio. Sejak saat itu, kami berupaya dengan usaha dan semangat mencari dana mendirikan radio dimana waktu itu kami berhasil mendirikan station radio walaupun belum mengudara 100%, pendirian dengan bantuan dana dari uang saku kami, dari teman, sahabat, pengusaha Bantaeng, serta pemerintah Kab. Bantaeng.

Awal Tahun 2005, kami bersyukur Nbc Fm mengudara dengan jangkauan mencakup sekitar  70 % daerah perkotaan dan sebagian pedesaan sebagai salah satu radio kreativitas Komunitas Anak Muda Bantaeng yang berbasis pembelajaran broadcasting dan pengembangan Musik Kawula Muda Bantaeng tanpa narkoba dan pergaulan bebas dengan Title Jingle “The Base Camp Of Music” yang diambil dari markas Nbc Band yakni Base Camp Nbc dan digabung dengan hobi kami yakni musik jadilah title tersebut, dalam format siaran kami selalu mengutamakan kalimat “ tetaplah ber inovatif dan ber kreativitas tanpa narkoba dan pergaulan bebas, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan agar menjadi penerus bangsa yang patut dibanggakan, selain itu kami juga membuat ILM dan bazar musik tentang anti narkoba dan pergaulan bebas, akan tetapi karena keterbatasan dana perbaikan dan pemeliharaan sehingga Nbc Fm pun hanya bertahan mengudara dengan program ter-arah ke anak muda/Pemuda tanpa narkoba dan pergaulan bebas sampai akhir tahun 2007.

Pada tahun 2009, kami mencari dana untuk perbaikan  dan kami bersepakat untuk masih menjadikan radio ini sebagai wadah kreativitas dan inovasi anak muda/Pemuda Bantaeng tanpa narkoba dan pergaulan bebas dengan mengadakan perlombaan kuis radio, memberikan berita event positif dari berbagai komunitas anak muda pada masa itu, selalu mengudarakan program siaran dengan sharing tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas dan lainnya yang menjadikan radio kami mulai terbilang sukses mengajak anak muda Bantaeng lebih ter-arah dalam hal kreativitas dan inovasi.

Dari hal tersebut, pengurus Nbc radio berupaya meraih kesuksesan lebih guna mengembangkan dunia broadcast dikalangan Anak Muda Bantaeng sebagai barometer pengembangan dan kemajuan teknologi serta sebagai wadah motivasi agar selalu berkreatif dan inovatif tanpa Narkoba dan pergaulan bebas di kalangan Anak Muda Bantaeng, hal tersebut terlihat sejak tahun 2010 Nbc beberapa bulan mengudara dengan beberapa program unggulan yakni Nbc Tamu kita, Nbc Sekilas Komunitas (berisikan Report Aktivitas pemuda, kuis, Berita Event positif), Nbc top 9 Countdown, indo fresh, mangkal malamna Nbc. Pada tahun yang sama Nbc fm meluaskan jangkauan siaran melalui radio internet(radio streaming) bekerja sama dengan Indowebster (http://radio.indowebster.com) dan Nbc membuat website http://nbcradiobantaeng.co.nr , akan tetapi Radio Streaming tidak berlangsung lama karena server Indowebster di tutup pada akhir 2010.

Pertengahan tahun 2010, Nbc fm bergabung dengan Jirak Celebes (Jaringan Independen Radio Komunitas SulSelBar), bergabungnya Nbc dengan Jirak Celebes, Kru Nbc banyak mendapatkan pengalaman tentang dunia radio broadcast dengan ke ikut sertaan Nbc dalam berbagai pelatihan tentang radio dan jurnalistik antara lain pelatihan jurnalistik yang di adakan oleh Jirak Celebes dengan VHR Media, Unicef, PNPM, Combine, dan mengikuti sekolah komunitas.

Tahun 2012, Nbc berupaya memperluas komunitas karena letak studio Nbc berada dekat pantai sehingga Nbc menjadi radio komunitas anak muda dan Nelayan dengan memulai sikap nyata penyiaran informasi dan komunikasi tentang lingkungan anak muda/Pemuda serta nelayan di Bantaeng. Pada Tahun yang sama, Nbc menggarap Talkshow Komunitas, ILM Bkkbn dan PNPM serta Berita Komunitas sebagai langkah nyata keseriusan Nbc Radio sebagai salah satu radio Komunitas.